Friday, December 21, 2018

Nge-vlog

Yes.
Belakangan sibuk dengan hal baru, yaitu nge-vlog. Bisa di subcribe di channel S Rezki Antika. Hehehe.

Nge-vlog.
Sebenarnya saya udah lama merekam video kemudian meng-upload ke channel youtube, sekitar tahun 2012, di channel Ree Bastian. Isinya keponakan saya yang menggemaskan. Tujuan upload video itu hanya untuk back up jika memory smarphone saya rusak. Tapi bener sih, pas dibuka, keponakan saya masih lucu dan saya suka maksa dia nyanyi dan joget. Hahahaha.

Beberapa tahun belakangan, internet makin menggerogoti manusia, jadi ramai netizen yang bikin vlog. Mungkin karena melihat visual lebih seru daripada tulisan kali ya. Bisa juga quota mereka terlalu banyak karena paket super deal Telkomsel yang menggiurkan jiwa dengan paket data yang murah sehingga banyak orang yang sulit menghabiskan quota internet.

Saya pun termasuk di dalamnya. Pengen coba hal baru. Biar gak bosan dalam melewati hidup yang penuh lika liku ini, penghibur diri, belajar ngomong. Ya, walaupun masih new bie dalam dunia vlog dan edit mengedit sih. Tapi kan tidak ada salahnya mencoba. Edit pake hp aja. Saya juga belajar ngedit-ngedit gak pake kursus, otodidak. Bisa belajar dari mana saja asalkan mau berusaha. Hehehe

Bikin vlog beda sama bikin blog. Kalau nge-blog ya natural aja, kayak bercerita, salah ketik tinggal hapus. Tapi, kalau bikin vlog itu harus detail. Harus mikirin kontennya apa, dimana, sama siapa, dan lain sebagainya. Salah dikit ulang. Masih mikirin kalimat apa yang akan kita ucapkan. Nah, di sini saya belajar, gimana ngomong dengan jelas dan terstruktur, jadi orang ngerti apa yang kita omongin.

Terus, EDITING.

Ini yang pusing dan kadang bisa bikin begadang. Harus detail banget. Mau potong videonya harus pada detik berapa, pemilihan backsound nya apa, scene yang mana harus di dahului yang mana dan sebagainya.

Tapi seru sih.

Yang pengen saya tunjukin dari vlog saya tentang edukasi, mengedukasi kaum millenial tentang banyak hal, fokusnya sih awalnya tentang seputaran kerjaan seseorang atau profesi. Misalnya gimana sih jadi auditor itu, gimana sih bangun personal branding itu. Karena millenial sekarang kalau kerja banyak gak betahnya, kalau kata baby boomers sih kutu loncat. Gitu-gitu deh.

https://youtu.be/pJHAJ2m5WrA

Segini dulu.

Saya mau cebok.
Share:

0 comments:

Post a Comment