Tuesday, October 27, 2015

さようなら

Orang Jepang.
Mereka Dari TV Tokyo. Salah Satu TV Swasta di Jepang.
Kita kembali bersua dengan suasana berbeda.

Makan malam kali ini aku tidak sendirian seperti malam-malam sebelumnya. Kali ini aku makan malam bersama tiga orang Jepang. Pakaianku ya, seperti biasa, gaya favoritku sejak dulu, celana pendek. Mereka, orang Jepang tetap memakai celana panjang. Maafkan saya, merasa tidak sopan.

Awalnya kami sudah janjian dulu, mereka menjemputku kerumah. Akhirnya kami memutuskan untuk makan di sebuah restoran yang ada di Mal Ciputra Seraya. Kami berempat. Aku, Komatsu, Soyama dan Naganuma. Kami duduk didekat jendela. Sengaja aku pilih di sana, karena aku suka hujan. Pikiranku terasa ringan ketiga melihat air yang mengalir di kaca. Kami duduk di meja segi empat, saling berhadapan, aku berhadapan dengan Komatsu dan Soyama dengan Naganuma.

Aku memilih menu andalan yakni Bihun goreng, dan mereka aku tidak tahu apa menunya, yang jelas ada ayam. Aku yang pecinta ayam tentu antusias sekali. Di sinilah aku sedikit tahu cara makan orang Jepang. Ternyata, menu yang kita pesan masing-masing tersebut dimakan bersama. Kesannya berbagi untuk semua, semua dapat. Dan Komatsu meminta pelayan untuk menambah piring kosong sebanyak empat buah sebagai wadah untuk makan sendiri-sendiri.

Soyama dan Naganuma awalnya ingin minum bir, tetapi minuman itu, tidak ada di dalam menu. Akhirnya mereka memesan sprite. Saya yang sudah hampir 4 tahun lebih tidak minum soda berpikir "gimana rasanya makan minumnya sprite" hehe. Komatsu sendiri memilih minuman jus berwarna kuning, sepertinya jus jeruk.

Sambil makan kami berbincang hangat. Tentang Pekanbaru, tentang alkohol, tentang hutan dan sebagainya. Seperti apakah saya minum alkohol, apakah saya suka karaoke. Tentu saya menjawab jelas saya suka karaoke. Hahahahahahaahha

Dan aku masih ingat, Soyama bertanya mengapa aku punya Handphone tiga. Hahaha. Spontan aku jawab yang satu untuk pribadi, yang satu untuk kerja, yang satu untuk internetan dan bekerja. Ditambah dengan keluhanku jika paket data internet disini mahal, jadi orang-orang Pekanbaru memilih untuk memisahkan kebutuhan antara menelpon dan internet.

Yang sangat antusias bertanya dan berbincang Komatsu dan Soyama. Sedangkan Naganuma, orangnya seperti pendiam sekali. Ia terfokus dengan telepon genggam miliknya.
Malam yang penuh khidmat dan bersahaja. Bersama tiga orang asing.

Foto dibawah ini, pertemuan terakhir kami. Berbicara sedikit tentang Murakami. Dan diakhiri dengan pergi ke Riau Expo bersama Komatsu.

Semoga dilain waktu bertemu lagi. さようなら !
Share:

2 comments:

  1. Siapa mereka saaar? Btw ngomongnya pakai bhasa apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wartawan TV Tokyo, yu. ada penerjemah kok yu hehe

      Delete