Saturday, April 18, 2015

Tentang Beasiswa

Memang sejak semester lima saya berpikir untuk sekolah lagi setelah lulus S-1. Mengapa? entahlah. Waktu itu saya mulai tertarik dengan yang namanya sosiologi. Saya mulai baca-baca bukunya dengan serius, berbicara manusia yang sudah terlalu mainstream bersama teman-teman saya di labsos saat kuliah dulu adalah hal yang menyenangkan.

Mendapatkan beasiswa itu adalah hal yang menyenangkan, tetapi juga setiap semester dipusingkan dengan target IP yang bikin saya sempat panik kalau saja IP saya tak lebih dari 3.25. Tapi Alhamdulillah sampai lulus bahkan beasiswa saya untuk satu semester saya buaaaaang, hahahahaha. Maaf bukannya sombong, tapi mungkin sedikit pamer, sesekali, biar orang pada dengki. Sederhana.

Setelah lulus, saya sempat mencoba apply beasiswa S-2, tetapi gagal, setelah melihat skor toeflnya. Skor toefl saya masih belum mencukupi.

Saya ingin bercerita sedikit tentang seorang temannya teman saya, ternyata saya juga kenal karena dia anak murid guru les saya dulu, Ibu Herlina. Murid ini mendapatkan beasiswa full program dari pemerintah untuk kuliah di NTU, setelah lulus ia balik lagi ke Indonesia untuk mengabdi di tanah air, karena menurutnya yang memberikan ia biaya sekolah di sana adalah pemerintah, jadi ia harus mengabdi untuk negerinya. Dengan prestasi peraih perunggu olimpiade sains Internasional di Inggris saat SMA dulu, mungkin ia bisa saja diterima di berbagai perusahaan atau kembali sekolah. Keren.

Mendengar hal ini, saya berpikir ulang untuk mencoba me-apply formulir atau mendaftar beasiswa, walaupun nilai toefl saya sudah mencukupi misalnya, saya berpikir, apa saya pantas mendapatkannya? apa nanti yang akan saya berikan untuk negara?

Ditambah katanya S-2 sedang digandrungi saat ini. Berbagai macam alasan mengapa mereka mengambil S-2.

Pada dasarnya mendapatkan beasiswa itu bukan hanya sekedar mendapatkan uang untuk biaya pendidikan atau menghindarkan diri dari yang namanya bekerja. Menurut saya, beasiswa diberikan pemerintah agar yang mendapatkannya dapat membangun negeri ke arah yang lebih baik.

Tapi kebanyakan yang mendapatkan beasiswa, setelah lulus malah hanya memperkaya diri, atau memilih bekerja di luar negeri. Tidak salah juga, memang itu pilihan mereka, tapi yang dikatakan teman saya itu juga benar adanya.

Semoga mimpi saya dipeluk sama Tuhan. Dan apa yang diinginkan tercapai.

Mari tingkatkan nilai toefl !!!!!
Semoga tak jadi wacana yang ini.SEMOGAAAA

Share:

0 comments:

Post a Comment