Monday, May 13, 2013

Sekilas Sosiologi Kesehatan

Sosiolog belajar semuanya, termasuk tentang kesehatan. Tapi tentu dalam kacamata sosial.

SAKIT dalam definisi medis adalah adanya gangguan secara biologis terhadap tubuh. Sedangkan secara sosiologis, sakit itu ketika kamu gak bisa jalanin peran dan fungsi secara optimal di masyarakat.

Penyakit sekarang lebih bersifat degeneratif. Penyakit muncul karena kurangnya kesadaran akan pola hidup sehat (terbukti pada penelitian kami, sosiologi angkatan 2010 di Siak pada Juni 2012).

Lima faktor gaya hidup yang mempengaruhi morbiditas dan mortalitas di Indonesia, seperti perilaku merokok, perilaku seks, pola makan, okupasi, dan yang terakhir mobilitas.

Ada beberapa istilah dalam sosiologi kesehatan.
  1. Iatrogenesis Klinis. Penyakit klinis yang muncul dari sebuah penanganan medis, contohnya ketika jarum ketinggalan di ketiak pasien saat operasi. 
  2. Iatrogenesis Sosial. Penyakit sosial muncul dari sebuah penanganan medis, contohnya pasien hilang dirumah sakit. 
  3. Medikalisasi. Proses ekspansi unsur-unsur dan profesi medis keranah kehidupan, contoh masuk SMF pakai tes buta warna. 
  4. Demedikalisasi, yakni proses ditariknya unsur-unsur medis dari beberapa ranah kehidupan, contohnya kamu bisa nyolong di perpus terus ambil buku sosiologi kesehatan.
  5. Hospitalisasi. Proses diterimanya pasien masuk kerumah sakit untuk dirawat, kalau kebalikannya dehospitalisasi,contohnya gak usahlah dicontohin.

Mungkin segitu aja, semoga bisa membantu.
Share:

0 comments:

Post a Comment